Andrea Hirata : Tetralogi Yang Menggemparkan dan ‘Sebelas Patriot’


Debut Tetralogi Laskar Pelangi mengawali perjalanan kepenulisan Andrea Hirata hingga dalam puncak kejayaan. Awal pertama saya membaca Tetralogi tanpa urut yaitu Edensor memiliki pengalaman khusus dengan karyanya ini. Lalu kenapa saya harus menuliskan ini? Adakah hal baru tentang karyanya? Bukan Andrea Hirata kalau tidak menggeparkan dunia sastra.

Akhir-akhir ini ada beberapa kabar gembira yang dibawa oleh Andrea Hirata. Pertama, dia telah merilis novel barunya ‘Sebelas Patriot’, kedua, dia pun membuat beberapa soundrack lagu untuk karyanya pula, ketiga, Laskar Pelanggi akan digarap ulang di Hollywood dan terakhir satu buku baru akan segera terbit dari alih bahasanya, berjudul ‘Ayah’. Mari kita bahas satu per satu.

‘Sebelas Patriot’ merupakan novel ke tujuh yang telah diselesaikan Andrea Hirata. Entah dipaskan dengan polemik persepakbolaan indonesia atau bukan. Nyatanya, novel ini mengambil plot tentang persoalaan PSII dan seluruh kehidupan didalamnya. Buku yang akan muncul di awal Juni ini mengisahkan tentang kisah inspiratif cinta seorang anak, pengorbanan seorang ayah, makna menjadi orang indonesia dan kegigihan menggapai mimpi-mimpi.

Soundtrack ‘Sebelas Patriot’ terkesan aneh. Kalau kebanyakan soundtrack ditujukan untuk sebuah film maka kali ini Andrea dengan karya kreatifnya menyuguhkan Novel dengan 3 soundtrack lagu antara lain ; ‘PSSI Aku Datang’, ‘Sebelas Patriot’ dan ‘Sorak Indonesia’. Novel dan lagu ini satu kesatuan utuh sehingga membaca novelnya harus mendengarkan lagu tersebut agar impresi terbentuk secara utuh. Andrea mengaku bahwa lagu tersebut tidak hanya melengkapi novelnya tapi juga diantarkan untuk rakyat Indonesia. Dihaturkan untuk dinyanyikan bersama-sama dengan semangat demi meletupkan gelora cinta pada Indonesia dan PSSI.

The Rainbow Troop dan Hollywood

Laskar Pelangi yang menjadi debut Internasional lewat Dry Seoson terpilih menjadi karya fiksi terbaik dan termasuk 7 yang tepilih dari ribuan karya dari seluruh dunia untuk diterbitkan dalam majalah Washington Square Review. Tetralogi Laskar Pelangi bahkan ‘Padang Bulan’ dan ‘Cinta di Dalam Gelas’ kini telah diterjemahkan dalam 24 bahasa asing. Dan kabarnya The Rainbow Troops (laskar Pelangi) akan difilmkan kembali di Hollywood. Setelah sebelumnya sedikit kecewa dengan film laskar Pelangi karena banyak sketsa yang dipotong dan kurangnya ketajaman alur. Maka, tampaknya keinginan untuk melihat film ini dengan karya Hollywood adalah sebuah pilihan bijak dari Andrea Hirata. Saya masih berharap film The Rainbow Troops akan memberikan sentuhan lebih mendalam seperti novel aslinya.

Antara Ayah dan Novel Kedelapan

Two Trees adalah novel kedelapan Andrea Hirata yang ditulisnya dalam bahasa Inggris ketika dia melaksanakan kuliah Sastra di University of Iowa, USA tahun lalu. Dan akhirnya, Two Trees akan segera diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul ‘Ayah’.

Secara keseluruhan saya menanti seluruh karya Andrea Hirata terkhusus film Edensor yang kabarnya mengalami banyak hambatan untuk diproduksi. Banyak spekulasi yang terbangun. Jauh dari hal tersebut, hanya penantian yang bisa saya lakukan. Edensor.

12 Comments Add yours

  1. ~Amela~ says:

    Wow salut,, ga sabar nunggu versi Hollywoodnya.. tapi saya harap film tersebut tetap tidak menghilangkan unsur Indonesianya

    1. AnggaRiezky says:

      i hope so amela,. ^^

  2. irawan says:

    tak sabar menunggu bukunya

    1. AnggaRiezky says:

      kmrin sya cek di toko buku tapi trnyata belum ada,. harusnya sudah ada,. em,. smoga segera bisa membacanya mas,. this is really great a novel,. hope andrea’s fans enjoyed with this new book,.

      1. irawan says:

        memang sayang kalau sampai melewatkan buku-buku andrea

  3. wais says:

    yang novel terakhir “ayah” udah keluar belum??

    1. AnggaRiezky says:

      terakhir saya cek di gramedia belum mas,.
      mari menunggu bersama

  4. Kafe Buku says:

    novel ini memang bagus, inspiratif. go garudaku!

    1. AnggaRiezky says:

      iya,. bagus sebenarnya,. tapi terlalu tipis untuk ukuran Andrea Hirata,. agak kurang suka dengan bonus CD berisi 3 lagunya,. hmm, mungkin karena yng menyanyikan jadi karyanya kurang meledak seperti cinta gila,. over all i love it,.

  5. Kafe Buku says:

    ada diskon buku lho di sini…
    http://kafebuku.com/sebelas-patriot/

    1. AnggaRiezky says:

      eh iya,. mksih infonya ,. sudah lihat,. karna suka buku juga, jadi akan sering2 mampir lihat update buku baru,. mksh

  6. Fad Zandra says:

    Saya peminat novel andrea hirata dari malaysia.. Novel sebelas patriot masih belum ada di Malaysia. Ingin sekali saya memilikinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s