Makan Buah Khuldi


Oke, ini hanya sebuah catatan tentang peluang yang harus kita perhatikan, jika tidak maka bukanlah alpukat yang kau makan tapi buah kuldi. Bianglala!! , Well, ini cerita tentang makan malam kemarin ketika saya putuskan seperti biasa, makan sayuran dan minum yang segar-segar. Akhirnya sepiring capcay kesukaan, terong goreng dan 3 gelas es jeruk. Kenapa 3 gelas?

Berawal ketika ada 3 orang di warung tersebut yang membeli menu sama. Capcay. Dan alangkah beruntungnya saya, ketika mendapatkan porsi yang sedikit berbeda dengan pesananku. Ekstra pedas capcay. Sontak, ketika kunyahan pertama saya harus pesan es jeruk lagi. Parahnya salah satu pemesan yang sama kemudian protes bahwa capcaynya tidak pedas. Saya yang kemudian di tanya oleh pemilik warung makan hanya menjawab dengan tanggapan melas.

“Wah, jangan-jangan ketuker punya masnya ya?”

“Wah, tidak kok bu, ini udah pas”, sambil menringgis kepedasan.

Sebenarnya saya bisa mengatakan “Ya, ketuker deh Bu kayaknya”, tapi betapa itu perbuatan yang menyiksa dua kali lipat pemilik warung. Pertama, karena capcay yang salah ini sudah saya makan jadi tidak mungkin ditukar lagi. Kedua, betapa kasihan Ibunya karena harus menanggung beban masak lagi, iya kalau bener. Coba kalau ketuker lagi? Ingat, peluang salah selalu ada.

Akhirnya ku coba habiskan capcay tersebut sambil meringgis duduk hampir 1 jam (makan malam terlama karena sendirian).

Mengutip Sadjak Ladang Djagung dari Taufiq Ismail “Bagaimana kalau dulu bukan khuldi yang dimakan Adam, tapi buah alpukat…”

Sama kondisinya dengan saya. Bagaimana kalau bukan saya yang ketukar makanannya tapi kamu? (Langsung deh pada bawa parang, nodong saya dijalan) Hehe

Leave a Reply

