Antara Labyrinth, Peluang, dan Razia


Bagaimana kalau memang dunia ini benar-benar ada labirin yang bisa mengantarkan kita dari masa ke masa? Bukankah akan banyak penemuan yang memberikan banyak pemahaman tentang kehidupan. Atau jangan-jangan penemuan tidaklah penting lagi, sehingga tidak akan ada penemu yang di berikan Nobel atas karyanya. Untungnya dunia ini masih waras sehingga tidak ada labirin yang tercipta. Atau kita patut meragukankeberadaan labirin.

Diluar ada tidaknya labirin. Saya bersyukur dunia ini ada seperti biasanya. Banyak masalah banyak keberuntungan bagaikan dadu yang diacak. Namun, ada suatu kali ketika banyak masalah, tampaknya saya membutuhkan sebuah labirin. Hehe, Becanda.

Ini hanya catatan tentang satu masalah klasik yang tampaknya memiliki sedikit solusi. Razia. Salah satu kegiatan membosankan yang barangkali sebagian dari kita ingin menghindarinya. Entah itu razia sepeda motor bagi pengguna jalan. Razia sekolah bagi pelajar yang kedapatan membawa barang-barang senonoh, bahkan sampai razia penjajak malam. Siapa yang tiadk sebal ektika mendapatkan razia walaupun peluangnya sangat sedikit.

Berbicara tentang peluang. Suatu ketika saya pernah bercengkrama dengan kawan lama yang baru-baru ini kena razia sepeda motor. Keluhnya, setiap dia lupa membawa STNK atau SIM disaat itupula dia terkena Razia. Dia pun melanjutkan “Bukankah ini bukan hari jumat atau waktu-waktu yang telah saya duga akan terjadi razia?”. Jawabku sambil tersenyum “Bukan”

Saya pun menimpalijawabanya dengan sebuah pertanyaan “Bukankah ada peluang tetap akan di razia pada hari ini?”, Kemudian dia pun menimpalinya “ya, tapi ini bukan hari razia seperti biasanya”

Dengan sedikit rasa geli, saya sebagai orang yang tahu ditahuku dan tahu ditidaktahuku mencoba memainkan percakapan kami hingga beberapa kali dari kita mengrenyitkan dahi atau bahkan tersenyum mengejek.

“Betapapun kamu menaksir bahwa hari ini tidak ada razia, tapi tetap saja ada peluang untuk razia, kalau seumpama kita menghitung bahwa 90% hari ini tidak akan razia, tapi masih ada kemungkinan 10% hari ini azia kan?”, kawanku hanya mengangguk. “ Nah, sekarang, sekiranya hari ini bukan hari jumat, atau tanggal tua, atau hari tertentu yang ada kemungkinan untuk razia maka dengan kemungkinan 90% tidak ada razia apa yang akan kau lakukan sob?”. Dia pun menjawab dengan agak lama, “Ya setelah pengalamanku ini, saya akan membawa SIM dan STNK”

Saya pun mulai tertawa melihat muka pucat pasinya. Saya pun bertanya lagi, “Bagaimana kalau peluangtidak akan ada razia menjadi 99%?”. Dia pun melotot kearahku, dari isyaratnya serasa dia ingin mulai memukul saya. “Heh,  gimana ya. Em, tetap ada kemungkinan 1% Razia, jadi harusnya saya tetap membawa surat lengkap”.

‘Hahahaha”, sahutku sambil meringgis melihat ekspresinya. “Bagaimanan kalau dengan peluang 99% tidak akan ada razia, bahkan seorang Polisi mengatakan kepadamu bahwa hari ini tidak akan ada razia?”

Dia pun menyahut dengan lantang, “Bodoh sekali ada polisi yang memberitahukan bahwa hari ini tidak akan ada razia, bagaimanapun juga, walau petingginya mengucapkan hari ini tidak akan ada razia, saya harus membawa surat lengkap”, dia pun membalik bertanya, “kalau itu terjadi padamu gimana?”

Saya pun menjawab dengan muka lebih serius, “Bagaimana ya?, mungkin saya tidak akan sepertimu, saya tetap tidak akan membawa SIM dan STNK”

Sontak kawanku pun kaget, “Apa yang kau lakukan, gila, memang ada cara lebih bagus?”

Sambil tertawa saya mengucapkan, “Jelas, saya kan tidak punya SIM dan STNK tapi saya punya solusi bagus yaitu numpang teman yang jelas-jelas tidak akan lupa bawa SIM dan STNK. Jika tidak maka saya akan ikut menjadi korban razia uang saya. Hahaha, jadi memungkinkan peluang saya kehilangan uang”

Kami pun tertawa bersama. Saya hanya ingin memberikan gambaran ke kawan saya ini bahwa selalu ada peluang kemungkinan terjadi sebuah peristiwa karena di dunia ini tidak ada yang mutlak.

Kemudian pikiranku pun teringat pada sebuah film Heaven Can Wait, dimana Malaikat James Mason memarahi asistennya yang salah mencabut arwah Warren Beatty, “Nah, lho biarpun peluang seseorang untuk mati itu besar tetapi tunggu sampai mati betulan, jangan baru mungkin akan mati lantas digusur!”

Semoga pengalaman ini bermanfaat. Awas hari ini ada peluang 99% razia. Untuk membuktikannya, coba ada labyrinth sehingga kita tidak harus menghitung peluang. Kinda!

Leave a Reply

