My Sister’s Keeper


Sutradara Nick cassavetes

Produser Curmudgeon Films

Penulis

Novel: Jodi Picoult

Skenario: Jeremy Laven

Musik oleh Aaron Zigman

Sinematografi Caleb Deschanel

Penyunting Jim Flynn, Alan Heimg

Distributor New Line Cinemar

Film drama Amerika serikat rilis tahun 2009 ini merupakan saduran dari novel karya Jodi Picoult berjudul My Sister’s Keeper yang kemudian diadaptasi oleh Jeremy Leven. Secara singkat film ini bercerita tentang seorang gadis menderita kanker dan perjuangan keluarganya untuk membuatnya tetap hidup. Secara umum film ini dapat disandingkan dengan Wedding Dress, A Long Visit dan beberapa film genre drama yang mengangkat tema tentang penyakit kanker, namun secara khusus film ini membawa nuansa lain dengan sudut pandang yang lebih obyektif. Bahwa setiap peran disini melakukanya dengan baik.

Resensi

Kisah dibuka dengan prolog oleh Anna Fitzgerald (Abigail Breslin) yang berceritatentang kisah kelahiranya yang direncanakan oleh orangtuanya demi tujuan khusus. Anna lahir sebagai bayi tabung yang akan menjadi penyelamat Kate Fitzgerald (Sofia Vassilievera) atas penyakit leukimia. Anna harus mendonorkan tubuhnya. Bahkan saat dia mulai lahir. Doktor mulai mengambil darah tali pusat, transfusi sel darah putih, sumsum tulang, limposit, suntikan untuk menambah sel yang kemudain akan diambil lagi hanya untuk menyelamatkan Kate. Tapi semua itu tak pernah cukup. Seumur hidupnya, Anna tak pernah memiliki kesempatan cukup untuk dirinya sendiri.

Akhirnay kekawatiran orangtuanya pun memuncakketika Kate didiagnosa gagal ginjal sehingga Anna harus mendonorkan satu ginjalnya untuk kakaknya. Saat itu, Anna kemudian membuat sebuah keputusan besar dengan meminta pengacara Campbell Alexander (Alec Baldwin) untuk menuntut kedua orangtuanya untuk merdeka atas tubuhnya sendiri.

Sara Fitzgerald (Cameron Diaz) sontak marah dengan keputusan Anna. Namun Brian Fitzgerald (Jason Patric) sadar bahwa hari ini akan terjadi, bahwa Anna akan sadar apa yang telah diperbuat oleh orangtuanya. Mereka sadar bahwa Tuhan telah menghukum mereka atas menyalahi kehendakNya.

Di sisi lain, Kate mengharapkan bahwa ini cepat berakhir. Ia sedih ketika melihat Jesse Fitzgerald (Evan Ellingson) harus menghadapi sendiri penyakit dislexia saat ia membutuhkanbanyak kasih sayah. Ia juga sedih seharusnya Katelah yang menjadi pelindung Anna. Bahkan ia menggangap kehadiranya adalah penghancur keluarganya, Ayah dan Ibunya.

Dalam persidangan, Jesse pun kesal ketika Anna tidak mau jujur bahwa sebenarnya Kate ingin segera meninggal, dan bahwa dia telah siap tentang hal tersebut. Ibunya kesal mendengar pernyatan tersebut. Hingga di malam terakhir, Kate mengajak ibunya untuk mengerti keadaanya. Disinal akhir perjalanan Kate.

Setelah itu, setiap tahun dihari ulang tahun Kate. Mereka akan berkumpul bersama di Montana. Sara kini telah bekerja lagi. Brian kemudian pensiun dan menjadi pelatih tinju. Dan yang terbaik, Jesse belajar tekun hingga akhirnya ia mendapatkan beasiswa di sekolah seni terbaik di New York.

Anna akhirnya sadar bahwa kematian Kate telah merubah banyak hal. Ia pun sadar, kelahiranya bukan untuk menjadi penyelamat bagi Kate. Nyatanya ia gagal. Namun sejatinya, kelahiranya untuk mengenal keluarga ini lebih baik.

Pendapat

Tidak ingin banyak berpendapat. Saya merasakan pembangunan alur dengan baik. Yang saya suka adalah tokoh Aku disini diperankan oleh banyak tokoh sehingga membuat film ini melihatkan sisi-sisi yang jarang film lain tonjolkan. Lebih dari itu, film ini membuka mata dan memberikan banyak pelajaran akan esensi hidup dan mati. Jauh dari kritikan. Bagi penyka detail film, maka film ini cukup berhasil memberikan sentuhan kecil yang berarti. Saya akan memberikan nilai film ini A++ (Sangat Bagus).

Pemain

Cameron Diaz – Sara Fitzgerald

Alec Baldwin – Campbell Alexander

Abigail Breslin – Anna Fitzgerald

Sofia Vassilieva – Kate Fitzgerald

Jason Patric – Brian Fitzgerald

Evan Ellingson – Jesse Fitzgerald

Elizabeth Daily – Suster Susan

Joan Cusack – Hakim De Salvo

Thomas Dekker – Taylor Ambrose

Jeffrey Markle – Dr. Wayne

Emily Deschanel – Dr. Farquad

Amit Khanduja – Dokter bedah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s