Meniru Gaya Herman Wenas : Misi Terselubung Keliling Dunia


Ada banyak kisah yang membuat saya melambung tinggi. Sering berdoa lebih keras, sering pula usaha kelewat batas hingga lupa bahwa banyak hal malah sia-sia. Ini adalah cerita tentang mimpi masa lalu. Dulu ketika Sekolah Dasar, saya memiliki paman yang tinggal di Sumatera. Itu kali kunjungan pertama dia di rumah. Ya seingat saya ketika waktu itu saya baru bisa baca tulis. Paman sangat bangga dengan Sumatera, ia berkali-kali bercerita tentang kebunya yang luas udaranya yang segar, hutannya yang lebat, penduduknya yang ramah atau budayanya yang beragam. Sontak, saya seakan tersihir bahwa kelak saya akn tinggal di Sumatera. Kemudianmemiliki kebun yang luas, tinggal di di pinggiran kota dan menjadi manusia yang damai. Sekarang ketika mengingat hal itu, masih ada impian untuk tinggl disana lalu seperti dibuku catatan yang saya tulis bahwa saya akan melakukan misi rahasia keliling Sumatera. Bukan untuk memuaskan dirikawan, tapi ada misi yang akan saya takhlukan.

Lalu ketika Sekolah Menengah, saya menjadi pemuda yang lebih banyak membaca buku atau menyendiri di depan komputer saja. Ini kali kedua saya mendapatkan impian baru. Mesir adalah kota kedua yang ingin saya tinggali. Tau kenapa? Ya, karna sebuah buku yang entah saya sudah lupa judulnya. Buku itu menggambarkan kemegahan mesih dengan kota padang pasirnya.

Lalu, selang beberapa bulan kemudian. Tepatnya kelas 2 SMA. Saya mengenal Tetralogi Laskar Pelangi. Dulu, buku yangsaya baca bukanlah Laskar Pelangi namun Edensor. Edensor sungguh memikat hati. Berkali-kali saya seperti melihat Eropa hingga saya masihingat pernah membuat misi keliling Eropa untuk membuktikan bahwa Andrea Hirata hanya bualan saja. Kalian tau, beberapa penulis sering melebih-lebihkan setting karyanya agar kita lebih terbawa pada alur cerita. Itu dulu kawan.

Titik balik kemudian berapa ketika saya i tahun akhir studi di Sekolah Menengah Atas. Jepang menjadi idaman. Entah, dia mampu memikat karna pernah menjajah negeri ini atau memang karna daya tarinya. Sungguh waktu itu saya ingin melihat negeri Sakura ketika musim dingin tiba. Hingga akhirnya saya mengenal ada sebuah negara tetangga yang ternyata adalah hal terbaik dalam impianku. Korea.

Ini bermula ketika saya mendapatkan sebuah buku kebudayaan Korea. Sebagian orang akan tertarik dengan korea karena artis atau drama Korea yang waktu itu Full House, My Sassy Girl, Enddles Love dan semacamnya. Tapi tidak denganku. Saya memuja Korea karna Budayanya, karna keramahan orangnya dan karna alamnya. Bagaimana kita tidak terpenranggah ketika pagi hari jalan dipenuhi dengan orang yang berjalan kaki bukan kendaraan yang lalu lalang. Sungguh saya melihat Korea begitu indah.

Terakhir kali saya berpikir tentang hal diatas, saya sempat memikirkan hal gila dengan melakukan misi Keliling Dunia. Lagi-lagi bukan untuk memuaskan diri kawan. Tapi ada misi rahasia yang ingin saya sempatkan di beberapa negara tersebut. Dan ketika saya sedang membuat sebuah repertoire perjalanan keliling dunia. Baru-baru ini saya mendengar Herman Wenas (43 tahun) berencana melakukan Misi Keliling Dunia dengan berjalan kaki. Sungguh awalnya saya terpaku melihat kegigihanya menaklukan dunia selama 3 tahun terhitung tanggal 30 Mei 2011 besok hingga penghujung 2015.

Dari Bali beliau akan ke Dili. Lalu ke Australia, New Zealand, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia. Awal 2015 diharapkan sudah tiba di Indonesia melalui Sumatera.Dia akan melakukan perjalanan lebih dari 30.000 km melewati 25 negara di dunia yang akhirnya berencana untuk memecahkan Guinness World Records.

Dia telah melakukan perjalanan dari tahun 2003. Herman mengatakan perjalanannya tersebut bukan hanya untuk memecahkan rekor, namun juga untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Perjalanan Herman tersebut didukung Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata serta Kementerian Luar Negeri.

Satu hal yang ingin saya tanamkan dari sekarang. Betapapun saya ingin tinggal di Korea (hingga hari ini) tapi saya tetap mencintai negeri ini. Keliling dunia hanyalah bentuk kecintaan saya terhadap Indonesia. Misi ini untuk anak-anak Indonesia. Saya berpikir, melihat anak-anak negara lain akan membuat saya berpikir betapa saya mencintai anak-anak Indonesia.

Kututp tulisan ini dengan impian yang akan selalu kusemai.

2 Comments Add yours

  1. nezie18 says:

    numpang komen ya mas. Salut,
    memang semakin qta jauh melanglang buana maka yang qta liat adalah kepedihan mendalam tentang crita negara gemah ripah loh jinawi tata tentrem adi guna.
    Semua ada disini, tapi bagaimana semua 230 juta rakyat indonesia ditundukkan oleh nafsu para penguasa
    Btw Koreanya dimana nih ???

  2. heehe,. trmksh mb sudah mau mampir di blog saya,. he,. amin doanya mb,. sya memang berencna tggl disana, saat ini sya blm kesana, msh dalam rencana utk tggl dsana,. mhn doanya,.

Leave a Reply

