Belajar Bahasa Korea


Annyeong-haseyo.

Mannaseo ban-gapsseumnida. Jeoneun Angga Riesky-rago haeyo.

Berbekal ingin belajar Bahasa Korea karena beberapa sebab. Pertama, ingin bisa nerusin S2 di salah satu Universitas di Seoul walaupun bidang saya tentang pertanian tapi mungkin S2 ingin mengambil bidang Research atau Komunikasi, Kedua, ada niat untuk melakukan traveling selama 9 hari (ini semua karena godaan seorang rekan dunia maya yang melakukan traveling ke seluruh Kota di Korea selama 9 hari hanya dengan uang 4 juta). Ketiga, saya sangat suka budaya Korea, tradisi mereka dan kebiasaan sehari-hari. berbicara tentang kebiasaan, Korea salah satu negara dengan penduduk yang ramah, jadi bagi yang berminat ke Korea jangan takut untuk bertegur sapa dengan penduduk aslinya. walaupun mereka tidak mengerti bahasa Inggris tapi kata rekan saya gunakan sapaan perkenalan dan sebutkan sebuah alamat, InsyaAllah mereka akan senang hati menunjukan jalannya. Terakhir, saya suka dengan 4 musimyang terjadi di Korea.

Nah, karena beberapa hal tersebut (sebenarnya masih ada beberapa alasan rahasia,. hehe) maka saya putuskan untuk kemudian sedikit belajar bahasanya. Awalnya, saya sedikit belajar dari beberapa film Korea, berpikir karena seringnya mendengar beberapa kata yang biasa di sebutkan, maka sedikit demi sedikit saya mulai terbiasa dengan beberapa kosakata. kemudian saya coba untuk mencari secara online cara belajar bahasa Korea. Dari sinilah saya mulai tertarik untuk belajar lebih dalam. Wae? Ya, ternyata untuk menghafalkan huruf Hangeul hanya perlu waktu semalam. Step selanjutnya adalah tentang tata bahasa (jujur, ini cukup sulit karena setiap kata dari kamus harus engalami perubahan di akhir katanya, belum lagi dari Subjeck, Predikat dan Objecknya mengalami perubahan). Tapi jangan berkecil hati, saya kasih sedikit trick belajar tata bahasa yaitu dengan membuat catatan sendiri pola susunan kata dan silahkan bawa kemana saja atau setiap kali ada waktu senggang lihat saja pola susunan tersebut.

Satu lagi yang harus dicermati, bahwa pola kalimat bahasa Korea agak berbeda dengan pola susunan kalimat Bahasa Indonesia. Korea mengunakan sistem S-O-P. Nah, jadi kita harus terbiasa menggunakan pola ini. Agak, sulit sih awalnya tapi kalau sudah dibiasakan nantinya juga jadi mudah. Terakhir, masalah kosa kata, saya belum mendapatkan formula untuk belajar menghafal kosa kata tapi sedikit saran belajarlah dan hafalkan kosa kata yang sering digunakan, seperti sapaan dan rutinitas harian.

saya juga masih belajar, sering lupa juga. Tapi saya pastikan menulis Hangeul itu mudah (hampir sama mudahnya dengan Aksara Jawa). Oke, lewat post ini, sedikit sharing pengalaman awal belajar otodidak bahasa Korea (Dulu sempat ingin kursus bahasa Korea, tapi setelah mempelajari sendiri agaknya belum membutuhkan hal tersebut), Saya linkan beberapa situs Media Belajar Bahasa Korea. Sangat membantu untuk pemula dan cukup mudah.

Walaupun situs ini cukup memudahkan belajar, saya sarankan tetap membeli beberapa buku belajar Bahasa Korea yang banyak terdapat di Gramedia (dari beberapa survei yang saya dapatkan, buku di Gramedia lebih bermutu dan lengkap).

Oke, ini beberapa link yang bisa kawan-kawan kunjungi.

1. Website Populer Belajar Korea

Media Belajar Bahasa Korea

Tazkiana

GenkiKorean

Life In Korea

2.Milis Bahasa Korea

Kawan-kawan di LG bikin milisnya bahasa_korea@yahoogroups.com. sekarang anggotanya sudah banyak. Saya sarankan untuk bergabung, minimal dengan hal itu kawan-kawan bisa menguji kemampuan bahas Koreanya. Sangat membantu.

3. Alamat internet lain untuk belajar bahasa Korea. Ada juga kamus online nya.

http://www.lsa.umich.edu/asian/korean/intermediate/
http://languagelab.bh.indiana.edu/korean101.html
http://dic.impact.pe.kr/
http://www.johnwasham.com
http://www.babelfish.altavista.com/tr

website nya johnwasham lumayan lengkap. Dari tutorial, kamus sampai forum diskusi. Dan yang jelas forumnya sangat aktif dan orang-orangnya juga baik dan ramah, mau ngajarin kita.

4.Ada software untuk belajar mengetik Hangeul 10 jari.
(filenya termasuk besar, sekitar 9 Mb. Nama softwarenya: 한메타자교사 1.1
)

Sedangkan kalau mau download sendiri di internet, silahkah ketik:

1. 타자연습 di http://www.naver.com
Atau:
2. Cari aja httwsetup.exe di http://www.naver.com

http://www.Naver.com merupakan search engine no.1 di Korea juga merupakan website yang yg populer.

Selamat Belajar, apapun tujuan mempelajarinya bagi saya yang terpenting adalah bahwa mencintai negara lain seperti berkaca pada negeri sendiri.

Gamsa Hamida

About AnggaRiezky

seorang pemuda , detail, utopis, sosialisl, realistis, perfeksionis, spontan, humanis dan dinamis. sebuah tanda petik : menjadi seorang guru, ilmuan, sastrawan dan budayawan, penulis, pengamat politik, pengusaha, pengabdi masyarakat, pelaku sejarah imperium

Posted on July 19, 2011, in Diary, News and tagged , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

  1. Thanks ya utk artikel nya,sgt bermanfaat utk saya yg baru bgt mau bljr bhs korea otodidak.

    Klo blh tau sebaiknya klo mau bljr dr buku,beli buku yg judulnya apa ya yg dijual di gramedia? Krn budget saya hanya cukup utk beli 1buku. Jd saya ingin membeli buku yg bnr2 tepat utk pemula. Sering sekali buku pembelajaran tidak mengulas secara lengkap,hanya keterangan di sampul buku nya saja yg menawarkan kelengkapan tetapi ternyata stlh dibaca isi nya tdk mengulas lengkap.Jd saya mesti berhati2 sblm membeli agar tdk meyesal mengingat budget yg terbatas.

    Terima kasih sblmnya :)

  2. khamsamhamida unnie,.
    ya., sy juga otodidak,. kalau ke gramedia,. ada satu buku,. bukunya besar, sya lupa judulnya (berukuran A4an bsar sdkit),. soalnya dipinjem temen udh lama,. harganya sekitar 100rb-an,. bukunya bagus,. bnyk exercise didlmnya,. teoruinya juga dijabarkan cukup baik,.

    • misi,mau nanya. bukunya warna merah bukan? soalnya pas lagi nyari-nyari di gramed ada buku yg ciri-cirinya sama kyk yg lagi di omongin..

  3. Gamsa-hamnida oppa :D
    artikel ini pas buat saya yang emang lagi nyari bahan buat belajar bahasa korea secara otodidak^^
    ijin share. bolehkah?

  4. saya tambahin nih wesite belajar bahasa korea yg top banget https://www.talktomeinkorean.com
    absolutely free! check it out gan!
    btw thanks buat info tentang belajar ngetik hangeulnya ^^

  5. Makasih banget atas infonya. . .
    aku pengen banget bisa bahasa korea tapi…otodidak. .

    bener-bener makasiii atas info nya….. :D

  6. sebenernya ketikan keyboard kita aja bisa dibuat hangeul,
    hanya nyaranin aja sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,653 other followers

%d bloggers like this: