Prolog Episode Baru

langkah-dalam-kehidupanSore ini, serasa baru kemarin aku menorehkan semburat cerita namun ternyata sudah lewat satu tahun kebiasaan membuat catatan aku tinggalkan. Dan disini, di sudut hidup aku berpijak, ku mulai menulis lagi, menulis untuk kesenangan, menulis untuk mengingat detikan waktu yang berjalannya menjadi menit, jam, hari hingga tahun. Menulis membuatku hidup dan menikmati hidup. Dengan ini aku emrasa nyata.

Kawan, ijinkan aku untuk memulai lagi cerita yang tak sempat aku tuturkan padamu. Karna hanya lewatmu aku berani berbisik. Ingatkah, bahwa episode ini belum berakhir, bahwa akan ada banyak kisah sebelum lembaran halaman ii tertutup untuk selamanya. Dan sebelum semua itu terjadi, aku akan berusaha mengukir yang terbaik. Karna aku yakin, sesuatu yang baik itu tidak harus yang baik untukmu hari ini, dan di dalam kebaikan cerita sadarkah bahwa baikya hidup hanya ada ditanganmu.

Read the rest of this entry

Matinya Penuntasan Kasus Century

Prof Sadjipto Rahardjo mengatakan hukum itu diciptakan dan bekerja berdasarkan asumsi besar bahwa masyarakat manusia itu memiliki ranah nurani dan karena memiliki ranah itulah maka hukum mampu berbicara dan berkomunikasi dengan para anggota masyarakat. Namun, kini penerapan hukum modern yakni hukum tertulis semakin meninggalkan narasi besar yang dipaparkan di atas. Hukum hanya dipandang sebagai deretan teks yang tertera dalam peraturan. Hukum menjadi benda mati dan mengabaikan masyarakat sebagai subyek hukum itu sendiri. Hal tersebut mengakibatkan penegakan hukum dilakukan untuk mematuhi peraturan bukan untuk mengakkan keadilan yang merupakan esensi dari hukum. Read the rest of this entry

Speed Scandal

Apa jadinya kalo seorang penyiar radio di usia 30, tampan, keren , mapan dan terkenal sampe suatu hari kehidupannya harus berubah 360 derajat karena kedatangan seorang gadis yang mengaku sebagai anaknya plus membawa anak kecil yang juga mengaku sebagai cucunya.

Nam Hyeon Soo penyiar di sebuah radio yang suka dengerin curhat pendengarnya sampe suatu hari ada cewek yang curhat gimana perjuangan dia nyari ayah kandungnya sekaligus kakek buat anaknya dan nggak pernah bosen buat curhat sama Hyeon Soo dan akhirnya Hyeon Soo ngasih saran sama tuh cewek buat datengin aja bapaknya. Read the rest of this entry

Menggerus Generasi Lingua-franca

Tuliskanlah setiap jengkal kebenaran, agar sejarah akan tetap terkenang dengan benar

Benarkah teks (tulisan) menyimpan peradaban manusia?

Dalam bahasa inggris, peradaban disebut civilization. Kamus Merriam-Webster mendefinisikan civilization sebagai “suatu tehepan perkembangan budaya ketika manusia sudah dapat menulis dan menyimpan catatan”. Definisi ini jelas meletakkan teks sebagai dasar peradaban, bukan sekedar menyimpan peradaban layaknya sebuah museum. Read the rest of this entry

IU “Last Fantasy” : Penantian Panjang Sebuah Masterpiece

Penantian panjang hingga akhirnya IU mengeluarkan album terbarunya. Finally Last Fantasy rilis juga. hehe

Penyanyi yang disebut ‘gadis kecilnya’ Korea, IU, akhirnya kembali dengan merilis sebuah MV yang sangat menampilkan pesona dirinya yang masih begitu muda, namun telah beranjak dewasa.

Seperti dalam sebuah film Prancis, AMELIE, MV terbaru IU, You and I membawa keluar semua unsur-unsur fantasi dan sebuah hubungan bersamaan sehingga menghasilkan sebuah cerita yang sangat baik. Read the rest of this entry

Reforma Agraria : Ruang Baru Politik dan Kebijakan Pertanahan*

Oleh : Angga Rieskiyanto**

“Land is the most crucial asset for the rural poor – the fundamental source of income, wealth, security and status. Providing poor rural household with plots of land furnished recipient families with many benefits that persisted and even increased over time.” (Peter F. Drucker, Management Cases, 2009)

 

“Melaksanakan land reform berarti melaksanakan satu bagian yang mutlak dari Revolusi Indonesia.” (Soekarno, Djalannja Revolusi Kita, 1960)

Mandat Soekarno dalam buku Djalannja Revolusi Kita mengingatkan kita bahwa persoalan landreform telah berjalan lebih dari setegah abad, namun program ini pada masanya dianggap telah gagal dalam proses implementation policy. Akhirnya pada awal 2007 pemerintah mulai menyinggung kembali untuk menjalankan program pembaharuan agraria (Reforma Agraria) yang pada intinya adalah melakukan redistribusi Tanah Negara kepada sejumlah rumah tangga yang dikategorikan sebagai petani termiskin. Read the rest of this entry

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,653 other followers

%d bloggers like this: